• Image
  • Image

Selamat datang di Website resmi Pengadilan Agama Tenggarong | Pimpinan, Hakim dan Segenap Pegawai Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1439 H - Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir Dan Bathin

 

Prosedur Pengambilan Akta Cerai

  1. Akta Cerai dapat dibuat dan diambil setelah Putusan telah berkekuatan hukum tetap (Cerai Gugat) Atau setelah pengucapan ikrar talak (Cerai Talak).

  2. Akta cerai hanya dapat diambil oleh pihak yang bersangkutan (penggugat/pemohon atau tergugat/termohon) atau oleh kuasanya dengan wajib menunjukkan kartu identitas;

  3. Dalam hal pengambilan akta cerai melalui kuasa, maka wajib disertakan SURAT KUASA bermaterai 6000 (contoh terlampir) serta fotokopi KTP pemberi dan yang diberi kuasa.

  4. Pihak yang kehilangan akta cerai dapat memperoleh fotokopi akta cerai sesuai dengan aslinya yang telah ditandatangani oleh Panitera Pengadilan Agama Tenggarong, setelah melengkapi :
    • Menunjukkan KTP dan fotokopinya (1 lembar);
    • Menyerahkan surat keterangan kehilangan akta cerai dari kantor polisi setempat (asli).
  5. Biaya pengambilan akta cerai di Pengadilan Agama Tenggarong yaitu sebesar Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah) sesuai dengan tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang kemudian akan disetor ke kas Negara, serta dikenakan biaya laminating.

  6. Demi kemudahan dalam pengambilan akta cerai, maka terlebih dahulu pastikan pengambilan akta cerai anda dengan menghubungi meja informasi Pengadilan Agama Tenggarong No.Telp (0541) 6667063 (menyebutkan nama serta nomor perkara anda)
Pin It