• Image
  • Image

Selamat datang di Website resmi Pengadilan Agama Tenggarong | Pimpinan, Hakim dan Segenap Pegawai Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1439 H - Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir Dan Bathin

 

Artikel - Marhaban Ya Ramadhan

 

 

“MARHABAN YA RAMADHAN”

Oleh:
TAUFIKURRAHMAN

 

Pergantian waktu, hari, minggu dan bulan dilalui tak terasa, kini ramadhan 1438 H diambang pintu. Insya Allah esok Sabtu 27 Mei 2017 umat Islam memulai puasa. Kita patut bersyukur, karena Allah Swt telah mengabulkan do’a-do’a yang dipanjatkan hamba-hambaNya sejak bulan Rajab. Allahumma baarik lanaa rajab wa syakban wa balligna ramadhan. (Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Syakban serta sampaikan kami ke bulan Ramadhan).

Ucapan marhaban ya ramadhan sering terdengar dikalangan keluarga, shahabat dan handai tolan baik yang langsung diucapkan saat bertemu maupun melalui ponsel yang dikirim lewat pesan singkat sms (short message service) atau bbm (blackberry messenger) dan media sosial lainnya. Sebuah pertanda setiap orang selalu menantikan dan memperhatikan serta gembira menyambut tibanya bulan suci ramadhan yang penuh berkah dan mulia itu.

Kalimat marhaban ya ramadhan merupakan ucapan selamat datang kepada bulan ramadhan. Ucapan tersebut menurut Dr. M. Quraish Shihab mengandung arti bahwa kita menyambutnya dengan lapang dada, penuh kegembiraan, tidak menggerutu, tetapi dengan suasana nyaman. Karena itu kalimat yang kita ucapkan adalah marhaban ya ramadhan bukan kata Ahlan wasahlan yang digunakan menyambut bulan suci, agar kita berharap jiwa raga kita dapat diasah dan diasuh guna melanjutkan perjalanan menuju Allah Swt.

Selengkapnya KLIK DISINI

Pin It