• Image
  • Image

Selamat datang di Website resmi Pengadilan Agama Tenggarong | Pimpinan, Hakim dan Segenap Pegawai Mengucapkan Selamat HUT Kemerdekaan RI dan HUT Mahkamah Agung RI ke 73

 

Peran dan Fungsi DPS

“PERAN DAN FUNGSI DEWAN PENGAWAS SYARI’AH PADA LEMBAGA KEUANGAN SYARI’AH”

Oleh:
RENY HIDAYATI

 

Perkembangan lembaga keuangan syariah di Indonesia saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Perkembangan lembaga keuangan syariah tersebut meliputi perkembangan perbankan syariah, asuransi syariah, pasar modal syariah, reksadana syariah, obligasi syariah, leasing syariah, Baitul Mal wat Tamwil, koperasi syariah, pegadaian syariah dan berbagai bentuk bisnis syariah lainnya.

Dalam mengembangkan dan memajukan lembaga keuangan syariah, agar dapat bersaing dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat bisnis modern, dibutuhkan inovasi-inovasi produk dengan tetap mematuhi prinsip-prinsip syariah. Untuk mengoptimalkan terlaksananya prinsip syariah dalam menjalankan semua kegiatan dalam perbankan syariah maka diperlukan adanya pengawasan. Sehingga dibentuklah suatu lembaga yaitu Dewan Pengawas Syariah yang secara internal berfungsi sebagai badan pengawas syariah dan secara eksternal dapat menjaga serta meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Adanya Dewan Pengawas Syariah atau disingkat DPS ini menjadi ciri khusus yang membedakan lembaga-lembaga keuangan konvensional dengan lembaga-lembaga keuangan syariah, karena keberadaannya bagi lembaga keuangan syariah adalah suatu keharusan. Dewan pengawas syariah merupakan dewan pakar ekonomi dan ulama yang menguasai bidang fiqh mu’amalah (Islamic commercial jurisprudence) yang berdiri sendiri dan bertugas mengamati dan mengawasi operasional lembaga keuangan syariah dan produk-produknya agar sesuai dengan ketentuan-ketentuan syariat Islam, yaitu dengan mengawasi secara teliti bagaimana bentuk-bentuk perikatan/akad yang dilaksanakan oleh lembaga keuangan syariah.

Selengkapnya KLIK DISINI

Pin It