• Image
  • Image

Selamat datang di Website resmi Pengadilan Agama Tenggarong | Pimpinan, Hakim dan Segenap Pegawai Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1439 H - Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir Dan Bathin

 

Kultum Ramadhan Hari kelima

Tenggarong | www.pa-tenggarong.go.id | 24 Mei 2018

Kultum hari kelima pada hari Kamis, 24 Mei 2018 yang merupakan hari ke 8 bulan Ramadhan, diisi oleh Hakim Pengadilan Agama Tenggarong, Drs, H.M.Mursyid. Pada waktu istirahat, di hadapan seluruh pegawai Pengadilan Agama Tenggarong setelah shalat dzuhur berjama’ah, Drs, H.M.Mursyid menyampaikan kultum dengan tema “Ibadah Puasa sebagai Momentum untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT”.

Beliau menyampaikan Bahwa Ibadah Puasa sebagai Momentum untuk Meningkatkan Ketaqwaan kepada Allah SWT. Karena Ibadah Puasa adalah menahan segala hawa nafsu, termasuk makan dan minum, amarah dll. dari terbit fajar hingga terbenam matahari dengan ikhlas dan mengharap ridha-Nya. Momentum adalah kesempatan, waktu yang disediakan yang dapat kita mafaatkan untuk melakukan sesuatu yang baik.

Meningkatkan adalah menambah dan memperbaiki agar dapat menjadi lebih baik.Ketaqwaan adalah rasa takut, mengharap perlindungan, berbuat baik dan semua hal lain yang melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya yang kita jalani dengan sepenuh hati mengharap ridha-Nya.

Jadi, Nilai ibadah puasa sebagai momentum untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT adalah Pentingnya ibadah puasa sebagai kesempatan untuk meningkatakan iman dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Nilai Ibadah Puasa untuk Meningkatkan ketaqwaan Tujuan utama dari ibadah puasa adalah memantapkan keimanan kepada Allah SWT sehingga keimanan itu menjelma menjadi ketaqwaan.

Dilain kisah beliau menceritakan kisah singkat tentang seorang pemuda tampan yang berjualan kue keliling yang mempunyai ketaqwaan terhadap Allah SWT, dimana seorang penjual tampan tersebut menjual kue tersebut di perumahan mewah yang diisi oleh seorang perempuan cantik dan pembantunya, maka perempuan cantik tersebut menyuruh pembantunya memanggil penjual kue tersebut untuk di panggil masuk ke kamar yang telah di sediakan oleh perempuan cantik tersebut sesampai nya di kamar perempuan tersebut maka di kuncilah kamar perempuan tersebut sambil berujar bahwa perempuan tersebut bukan ingin membeli kue tersebut melainkan untuk berzinah,dan perempuan tersebut mengancam apabila tidak mau menuruti permintaannya akan berteriak, Si penjual kue bingung apa yang harus dia lakukan simalakama di turuti zinah tidak di turuti maka akan di hokum, maka dengan pemikiran yang cerdas si penjual tadi meminta sebuah permintaan untuk pergi ke kamar mandi dia membalurkan kotorannya ke seluruh tubuh nya kemudian mendekati perempuan tersebut dan si perempuan tersebut lari setelah itu si penjual kue terjun dari lantai 3 dengan selamat berkat pertolongan Allah Swt.

Disela Kultum Drs. Akhmar Samhudi, SH. Sebagai PLH. Ketua Pengadilan Agama Tenggarong mengajak kepada seluruh pegawai Pengadilan Agama Tenggarong agar menggunakan waktu yang dimiliki dengan sebaik-baiknya dalam bulan Ramadhan ini, serta semoga kita tidak termasuk kedalam golongan-golongan yang sesat, amien.

Begitu juga Drs. H.M.Mursyid. mengajak kepada seluruh pegawai Pengadilan Agama Tenggarong agar menggunakan mmomentum puasa ramadhan untuk meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah Swt.

Pin It

Add comment


Security code
Refresh