• Image
  • Image

Selamat datang di Website resmi Pengadilan Agama Tenggarong | Pimpinan, Hakim dan Segenap Pegawai Mengucapkan Selamat HUT Kemerdekaan RI dan HUT Mahkamah Agung RI ke 73

 

Kultum Ramadhan Hari kedua

Tenggarong | www.pa-tenggarong.go.id | 21 Mei 2018

Kultum hari kedua pada hari Senin, 21 Mei 2018 yang merupakan hari ke 5 bulan Ramadhan tepatnya tanggal 5 Ramadhan 1439 H, diisi oleh Hakim Pengadilan Agama Tenggarong, Drs. Akhmar Samhudi, SH. Pada waktu istirahat, di hadapan seluruh pegawai Pengadilan Agama Tenggarong setelah shalat dzuhur berjama’ah, Drs. Akhmar Samhudi, SH. menyampaikan kultum dengan tema “Keutamaan bulan Ramadhan”.

Drs. Akhmar Samhudi, SH. memulai dengan menyampaikan bahwa Rasulullah SAW dalam salah satu hadisnya bersabda : Seandainya umatku mengetahui tentang apa yang ada pada bulan Ramadhan, niscaya mereka menginginkan satu tahun semuanya bulan Ramadhan.

Beliau juga menyampaikan bahwa keutamaan atau fadilah-fadilah bulan Ramadhan itu ialah bulan keberkahan. Bulan saat segala doa dikabulkan dan dosa diampuni. Saat seorang muslim berpuasa, ia akan mendapatkan keutamaan puasa. Dalam hadits puasa yang dituturkan oleh Rasulullah saw., Allah telah menjanjikan untuk membukakan pintu surga dan menutup pintu neraka.

Beliau menyampaikan bahwa dosa kita bisa diampuni tapi tidak terkecuali, pertama yaitu bagi yang musyrik kepada Allah SWT, beliau mencontohkan salahsatunya dalam kehidupan di masyarakat kadang ada yang membangun rumah terlebih dahulu menyembelih ayam dan darahnya disiramkan ke beberapa tempat bangunan tersebut dan membuat sesajen ini yang dinamakan dengan Syirik Khofiy. Kedua Tathayyur, menganggap sial karena sesuatu, contohnya berfoto bertiga kata orang salahsatunya akan meninggal, selanjutnya nginap dikamar nomor 13 akan mendapat sial, ungkap beliau. Dan yang ketiga Utang, namanya hutang harus dibayar, katanya kalau utang tidak dibayar rohnya akan mengawang-awang.

Dilain kisah beliau menceritakan kisah singkat tentang anak yang masuk surga, bahwa ada seorang anak masuk surga padahal anak ini biasa-biasa saja, dicari tau ternyata anak ini sewaktu hidupnya setiap makan orangtuanya dimakankan atau disuapi oleh anak tersebut.

Di akhir ceramahnya yang di Sisipkan humornya membuat tertawa seluruh pegawai yang mendengarnya, Drs. Akhmar Samhudi, SH. mengajak kepada seluruh pegawai Pengadilan Agama Tenggarong agar menggunakan waktu yang dimiliki dengan sebaik-baiknya dalam bulan Ramadhan ini, serta semoga kita tidak termasuk kedalam golongan-golongan yang sesat, amien.

Pin It