• Image
  • Image

Selamat datang di Website resmi Pengadilan Agama Tenggarong | Pimpinan, Hakim dan Segenap Pegawai Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1439 H - Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir Dan Bathin

 
Rating: Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang (5/5)

Tenggarong | www.pa-tenggarong.go.id | 21 Juni 2018

Sidak atau inspeksi mendadak Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Samarinda Drs. H. Iskandar Paputungan, M.H. dimaksudkan meningkatkan tertib administrasi keperkaraan dan administrasi kesekretariatan dan juga untuk meningkatkan kedisiplinan dan tepat waktu masuk kantor bagi Aparat Sipil Negara setelah cuti bersama dan libur panjang yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam rangka Idhul Fitri 1439 H.

Rating: Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang (5/5)

Tenggarong | www.pa-tenggarong.go.id | 24 Mei 2018

Kultum hari kelima pada hari Kamis, 24 Mei 2018 yang merupakan hari ke 8 bulan Ramadhan, diisi oleh Hakim Pengadilan Agama Tenggarong, Drs, H.M.Mursyid. Pada waktu istirahat, di hadapan seluruh pegawai Pengadilan Agama Tenggarong setelah shalat dzuhur berjama’ah, Drs, H.M.Mursyid menyampaikan kultum dengan tema “Ibadah Puasa sebagai Momentum untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT”.

Beliau menyampaikan Bahwa Ibadah Puasa sebagai Momentum untuk Meningkatkan Ketaqwaan kepada Allah SWT. Karena Ibadah Puasa adalah menahan segala hawa nafsu, termasuk makan dan minum, amarah dll. dari terbit fajar hingga terbenam matahari dengan ikhlas dan mengharap ridha-Nya. Momentum adalah kesempatan, waktu yang disediakan yang dapat kita mafaatkan untuk melakukan sesuatu yang baik.

Meningkatkan adalah menambah dan memperbaiki agar dapat menjadi lebih baik.Ketaqwaan adalah rasa takut, mengharap perlindungan, berbuat baik dan semua hal lain yang melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya yang kita jalani dengan sepenuh hati mengharap ridha-Nya.

Jadi, Nilai ibadah puasa sebagai momentum untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT adalah Pentingnya ibadah puasa sebagai kesempatan untuk meningkatakan iman dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Nilai Ibadah Puasa untuk Meningkatkan ketaqwaan Tujuan utama dari ibadah puasa adalah memantapkan keimanan kepada Allah SWT sehingga keimanan itu menjelma menjadi ketaqwaan.

Dilain kisah beliau menceritakan kisah singkat tentang seorang pemuda tampan yang berjualan kue keliling yang mempunyai ketaqwaan terhadap Allah SWT, dimana seorang penjual tampan tersebut menjual kue tersebut di perumahan mewah yang diisi oleh seorang perempuan cantik dan pembantunya, maka perempuan cantik tersebut menyuruh pembantunya memanggil penjual kue tersebut untuk di panggil masuk ke kamar yang telah di sediakan oleh perempuan cantik tersebut sesampai nya di kamar perempuan tersebut maka di kuncilah kamar perempuan tersebut sambil berujar bahwa perempuan tersebut bukan ingin membeli kue tersebut melainkan untuk berzinah,dan perempuan tersebut mengancam apabila tidak mau menuruti permintaannya akan berteriak, Si penjual kue bingung apa yang harus dia lakukan simalakama di turuti zinah tidak di turuti maka akan di hokum, maka dengan pemikiran yang cerdas si penjual tadi meminta sebuah permintaan untuk pergi ke kamar mandi dia membalurkan kotorannya ke seluruh tubuh nya kemudian mendekati perempuan tersebut dan si perempuan tersebut lari setelah itu si penjual kue terjun dari lantai 3 dengan selamat berkat pertolongan Allah Swt.

Disela Kultum Drs. Akhmar Samhudi, SH. Sebagai PLH. Ketua Pengadilan Agama Tenggarong mengajak kepada seluruh pegawai Pengadilan Agama Tenggarong agar menggunakan waktu yang dimiliki dengan sebaik-baiknya dalam bulan Ramadhan ini, serta semoga kita tidak termasuk kedalam golongan-golongan yang sesat, amien.

Begitu juga Drs. H.M.Mursyid. mengajak kepada seluruh pegawai Pengadilan Agama Tenggarong agar menggunakan mmomentum puasa ramadhan untuk meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah Swt.

Rating: Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan Bintang (5/5)

Tenggarong | www.pa-tenggarong.go.id | 21 Mei 2018

Kultum hari kedua pada hari Senin, 21 Mei 2018 yang merupakan hari ke 5 bulan Ramadhan tepatnya tanggal 5 Ramadhan 1439 H, diisi oleh Hakim Pengadilan Agama Tenggarong, Drs. Akhmar Samhudi, SH. Pada waktu istirahat, di hadapan seluruh pegawai Pengadilan Agama Tenggarong setelah shalat dzuhur berjama’ah, Drs. Akhmar Samhudi, SH. menyampaikan kultum dengan tema “Keutamaan bulan Ramadhan”.

Drs. Akhmar Samhudi, SH. memulai dengan menyampaikan bahwa Rasulullah SAW dalam salah satu hadisnya bersabda : Seandainya umatku mengetahui tentang apa yang ada pada bulan Ramadhan, niscaya mereka menginginkan satu tahun semuanya bulan Ramadhan.

Beliau juga menyampaikan bahwa keutamaan atau fadilah-fadilah bulan Ramadhan itu ialah bulan keberkahan. Bulan saat segala doa dikabulkan dan dosa diampuni. Saat seorang muslim berpuasa, ia akan mendapatkan keutamaan puasa. Dalam hadits puasa yang dituturkan oleh Rasulullah saw., Allah telah menjanjikan untuk membukakan pintu surga dan menutup pintu neraka.

Beliau menyampaikan bahwa dosa kita bisa diampuni tapi tidak terkecuali, pertama yaitu bagi yang musyrik kepada Allah SWT, beliau mencontohkan salahsatunya dalam kehidupan di masyarakat kadang ada yang membangun rumah terlebih dahulu menyembelih ayam dan darahnya disiramkan ke beberapa tempat bangunan tersebut dan membuat sesajen ini yang dinamakan dengan Syirik Khofiy. Kedua Tathayyur, menganggap sial karena sesuatu, contohnya berfoto bertiga kata orang salahsatunya akan meninggal, selanjutnya nginap dikamar nomor 13 akan mendapat sial, ungkap beliau. Dan yang ketiga Utang, namanya hutang harus dibayar, katanya kalau utang tidak dibayar rohnya akan mengawang-awang.

Dilain kisah beliau menceritakan kisah singkat tentang anak yang masuk surga, bahwa ada seorang anak masuk surga padahal anak ini biasa-biasa saja, dicari tau ternyata anak ini sewaktu hidupnya setiap makan orangtuanya dimakankan atau disuapi oleh anak tersebut.

Di akhir ceramahnya yang di Sisipkan humornya membuat tertawa seluruh pegawai yang mendengarnya, Drs. Akhmar Samhudi, SH. mengajak kepada seluruh pegawai Pengadilan Agama Tenggarong agar menggunakan waktu yang dimiliki dengan sebaik-baiknya dalam bulan Ramadhan ini, serta semoga kita tidak termasuk kedalam golongan-golongan yang sesat, amien.

Rating: Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang (0/5)

Tenggarong | www.pa-tenggarong.go.id | 24 Mei 2018

Pada hari Kamis tanggal 24 Mei 2018 pukul 09.00 telah dilaksanakanya rapat koordinasi untuk melancarkan kegiatan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) Tahap 2. Rapat tersebut yang dihadiri oleh Ketua SAPM, Assessor Internal, Sekretaris, PJ. Adm. Manajemen, PJ. Adm. Kesekretariatan, PJ. Adm. Kepaniteraan dan Tim Survey Kepuasan Masyarakat (SKM).

Ketua SAPM PA Tenggarong Drs. H. Arifin, SH., MH. Tenggarong Berpesan agar semua dapat bertanggung jawab untuk bekerja sama melaksanakan kegiatan SAPM tahap 2 tersebut untuk mendapatkan nilai SAPM yang bagus tapi semuanya harus saling membantu dan menjaga apa yang telah menjadi tanggung jawab kita semua tambah, Pak Arifin. Disamping itu juga dalam rapat membahas tentang Survey Kepuasan Masyarakat yang sudah mulai dilaksanakan dengan harus mencapai target 500 Kuisioner yang terisi agar bisa diambil hasil nilai surveynya tersebut.

Untuk mensukseskan kegiatan SAPM tahap 2 ini, oleh Ketua SAPM telah dilakukan kerja sama dengan Pengadilan Agama Samarinda. “Insya Allah nantinya kita akan melakukan tukar menukar informasi dan pengalaman dengan SAPM dari Pengadilan Agama Samarinda” ujar Drs. H. Arifin, SH., MH. mengakhir rapatnya.

Rating: Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang (0/5)

Tenggarong | www.pa-tenggarong.go.id | 17 Mei 2018

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, pada bulan Ramadhan tahun ini Pengadilan Agama Tenggarong kembali mengadakan kultum untuk mengisi waktu istirahat di siang hari, tepatnya setelah sholat dzuhur berjamaah di Musholla Al-Hikmah Pengadilan Agama Tenggarong.

Kamis, 17 Mei 2018, bertepatan dengan 1 Ramadhan 1439 H, Ketua Pengadilan Agama Tenggarong, Dr. H. Sukri HC, MH. mendapat giliran pertama untuk memberikan kultum atau siraman rohani kepada seluruh keluarga besar PA Tenggarong serta pelajar dari SMK 1 Tenggarong yang sedang melakukan praktek Kerja Lapangan di PA Tenggarong.

Dalam kultumnya Dr. H. Sukri HC, MH. berharap jangan sia-siakan bulan Ramadhan saat ini karena belum tentu kita menjumpainya lagi di tahun depan, bukan hanya itu kata beliau bahwa di bulan Ramadhan kita tidak hanya diwajibkan berpuasa tapi juga mendirikan sholat Taraweh dan ibadah-ibadah yang lain.

Selanjutnya beliau menjelaskan tentang 3 amal yang pahalanya tidak terputus atau amal jariyah, yaitu pertama Sedekah Jariyah, sumbangan yang abadi sepanjang zaman dan di contohkan beliau dengan rencana untuk membangun MCK atau Toilet untuk Musholla yang dananya bersumber dari sedekah atau sumbangan dari para pegawai Pengadilan Agama Tenggarong.

Kedua, Ilmu yang bermanfaat maksudnya jika kita sendiri terlebih dahulu mengamalkannya. Kemudian kita ajarkan ke orang lain. Jika orang yang kita ajarkan itu juga mengamalkan ilmunya, insya Allah kita akan mendapat pahala meski kita telah tiada, dan yang Ketiga adalah Anak Soleh yang selalu mendoakan orang tuanya. Beliau mengutarakan sebuah cerita bahwa ada orang tua yang telah meninggal sering makan sendiri di alam sana karena sering mendapat kiriman doa dari anak soleh nya setelah anaknya tiada dia makan bersama-sama yang lain karena tidak ada lagi kiriman doa untuk orang tua tersebut.

Di penghujung ceramahnya, Dr. H. Sukri HC, MH. mengharapkan dan menekankan kepada seluruh pegawai Pengadilan Agama Tenggarong untuk memanfaatkan bulan Ramadhan kali ini sebagai ladang ibadah.